Jenis-Jenis Hambatan
1. Gangguan Teknis
Gangguan yang bersifat teknis, seperti gangguan pada alat
komunikasi, media, teknologi dan sebagainya.
2. Gangguan Semantik
Gangguan yang berasal dari penggunaan bahasa, dapat karena :
- Perbedaan bahasa
- Perbedaan persepsi
- Penggunaan istilah yang berlebihan
- Ketidakmampuan dalam memilih kata atupun kalimat
Gangguan psikologis adalah situasi
dan kondisi psikis yang terdapat/dimiliki oleh komunikan dan komunikator.
Misalnya nervous, malu takut dan sebagainya.
4. Rintangan Fisik
Rintangan fisik dapat berupa hambatan jarak komunikasi yang
seringkali mengganggu proses komunikasi. Ataupun ketidakadaan fasilitas yang
mampu meminimalisir hambatan jarak tersebut.
5. Rintangan Status
Perbedaan Status antara komunikator dengan khalayak
seringkali menjadi hambatan yang dapat mengurangi pencapaian tujuan komunikasi.
Misalnya, ketika seorang dosen muda harus memberi kuliah didepan mahasiswa
pasca sarjana yang ternyata sebagian besar adalah atasannya di departemen
tertentu.
6. Rintangan Budaya
Perbedaan Budaya (nilai, Norma, kebiasaan, adat istiadat)
merupakan faktor yang sering membuat tujuan komunikasi terhambat. Karena Budaya
yang dianut oleh sebuah masyarakat merupakan hasil internalisasi individu
terhadap nilai, norma, kebiasaan dan adat dimana ia tinggal selama
bertahun-tahun. Maka kita mengenal ada yang namanya : Akluturisasi, asimilasi.
7. Rintangan Kerangka Berfikir
Komunikasi yang efektif dapat terjadi ketika terjadi
himpitankepentingan (overlapping of interest)/kesamaan persepsi anatara
komunikator dengan komunikan. Kesmaan ini dapat terwujud jita tida ada
perbedaan yang mencolok dalam kerangka berfikir komunikan dan komunikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar