Dalam sebuah organisasi, sebuah keputusan di ambil dengan
tujuan memperlancar jalannya organisasi tersebut.
Berdasarkan sifat dan tujuannya, keputusan-keputusan yang
diambil dapat diilustrasikan sebagai berikut:
1. Top
Management, atau Pimpinan atas mengambil keputusan-keputusan yang bersifat
Strategy atau Policy umum yang disertai dengan penerbitan peraturan-peraturan
umum dan instruksi-instruksi pimpinan.
2. Pimpinan
menengah (Middle Management) melaksanakan keputusan-keputusan yang telah
diambil oleh atasan dengan mengambil keputusan-keputusan yang bersifat
structural (organisasional). Keputusan-keputusan yang diambil oleh Pimpinan
Menengah ini antara lain mengenai tugas pokok (mission) organisasi dan
keputusan-keputusan fungsionil, yakni mengenai masalah-masalah teknis yang menyangkut
mutu atau efektivitas.
3. Sedangkan
pimpinan bawah (Lower Management) mengambil keputusan-keputusan yang bersifat
operasional, yakni penyelenggaraan secara langsung, baik yang bersifat rutin
maupun tidak, dan yang diprogramkan maupun tidak.
Iman Lazuardi Z
13111540
2ka35
Tidak ada komentar:
Posting Komentar