Minggu, 13 Oktober 2013

MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN



TUGAS ILMU SOSIAL DASAR PERIODE I
PENGERTIAN MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

NAMA           :           IMAN LAZUARDI ZULKARNAIN
NPM               :           13111540
KELAS          :           3KA35


MASYARAKAT
            Masyarakat adalah sekumpulan orang yang hidup bersama pada suatu tempat atau wilayah dengan ikatan aturan tertentu. Masyarakat juga mempunyai tujuan atas dasar jiwa sosialnya untuk membentuk dan mengembangkan kehidupan mereka menjadi lebih baik seiring zaman, dan juga secara tidak langsung berperan dalam pengembangan diri seseorang menjadi pribadi yang variatif.


KEBUDAYAAN
             Kebudayaan merupakan hasil kegiatan dan akal budi manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat, atau antar keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

              

PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN KEBUDAYAAN
               Perkembangan dan perubahan kebudayaan mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hokum, adat istiadat, dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat. Kebudayaan selalu dimiliki oleh setiap masyarakat, hanya saja ada suatu masyarakat yang lebih baik perkembangan kebudayaannya dari pada masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya. Rasa yang meliputi jiwa manusia mewujudkan norma dan nilai masyarakat yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan alam arti luas, didalamnya termasuk, agama, ideology, kebatinan, kenesenian dan semua unsur yang merupakan hasil ekspresi dari jiwa manusia yang hidup sebagai anggota masyarakat.



KESIMPULAN
           
Jadi kesimpulan yang dapat saya ambil yaitu, seperti yang sudah dijelaskan di atas penduduk adalah sekelompok orang yang menempati suatu wilayah tertentu, masyarakat merupakan sekumpulan orang yang hidup bersama pada suatu tempat atau wilayah dengan ikatan aturan tertentu, selain itu juga masyarakat merupakan sekumpulan orang yang dapat di bilang mereka adalah penduduk. Manusia dan masyarakat tidak dapat dipisahkan, karena masyarakat membentuk suatu kebudayaan. Kebudayaan itu sendiri adalah suatu kebiasaan yang dilakukan oleh sekumpulan manusia atau masyarakat pada daerah tertentu. Maka tidak akan ada kebudayaan jika manusia dan masyarakat tidak ada, dan sebaliknya dimana ada manusia dan masyarakat maka disana pasti akan ada sebuah kebudayaan.
           











Tidak ada komentar:

Posting Komentar